Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 23 November 2009

Jenis-jenis Buah Naga


Dalam budidaya buah naga, jenis-jenis buah naga sangatlah beragam. Hal tersebut dapat dibedakan dari jenis serta warna buahnya. Dan secara umum buah naga dapat dijelaskan sebagai berikut;

Divisi         : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Subdivisi    : Agiospermae (berbiji tertutup)
Kelas         : Dicotyledonae (berkeping dua)
Ordo         : Cactales
Famili         : Cactaceae
Subfamily   : Hylocereanea
Genus        : Hylocereus

Nama buah naga diberikan pada buah-buah yang dapat dimakan dari tumbuhan:
•    Hylocereus undatus, memiliki ciri buah berwarna merah dengan daging buah putih. Mempunyai batang yang berwarna hijau putih, bahu yang tinggi dan permukaan batang lebih kasar dibanding dengan varietas merah. Harganya lebih rendah dan rasanya kurang manis dan sedap jika dibandingkan dengan buah naga isi merah.
•    Hylocereus polyrhizus, memiliki ciri buah berwarna merah muda dengan daging buah merah. Jenis yang ini paling banyak diminati dan ditanam secara besar-besaran di Indonesia. Selain karena rasanya lebih manis dan lebih berair, dari segi pembudidayaannya juga tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.
•    Selenicereus megalanthus, memiliki ciri kulit buah kuning dan daging buah putih. Buah dan isinya pada umumnya berukuran lebih kecil sehingga kurang bagus untuk dijadikan komoditi perdagangan.
•    Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna daging super merah.
Dari berbagai jenis di atas hanya dua varietas yang banyak dibudidayakan di Indonesia yaitu varietas merah dan putih. Varietas ini mempunyai sifat tanaman yang berlainan antara satu dengan yang lainnya. Tanaman buah naga termasuk dalam kumpulan jenis kaktus yang yang mudah tumbuh dikawasan tropis. Selain itu juga memiliki keunikan karena dapat mengeluarkan buah dan bunga yang cantik.***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar